Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 02 Oktober 2012

Bel listrik wireless otomatis menggunakan bahasa c dan mikrokontroler ATMEGA8

0 komentar
BEL LISTRIK WIRELESS OTOMATIS  MENGGUNAKAN SENSOR PIR
BERBASIS MIKROKONTROLER  ATMEGA8

Tujuan pembuatan adalah merancang dan membuat alat Sistem wireless otomatis.Dengan adanya alat ini maka ketika ada seseorang yang datang akan berbunyi bel  wireless yang dapat ditempatkan dimana saja selama masih dalam jangkauan deteksi wireless.Metode yang digunakan untukmembuat bel  wireless  otomatis ini adalahmetode rancang bangun yang terdiri dari beberapa tahap yaitu,
1.      Perancangan hardware
2.      Perancangan  software
3.      Implementasi rangkaian
4.      Pembuatan alat
5.      Prosedur pengujian dan
6.      Pengujian alat
Alat ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian  hardware dan software.Hardware  terdiri dari catu daya 5VDC, sensor  passive infrared, mikrokontroler ATMega8, transmitter TLP434 dan receiver RLP434. Sedangkan  software yang dibuat menggunakan program bahasa C pada WinAVR. Kinerja alat secara keseluruhan dapat bekerja dengan cukup baik. Sensor  passive infrared dapat membaca ketika ada manusia berada di area sensor, yang mengakibatkan transmitter secara otomatis dapat mengirim data ke  receiver  melalui gelombang 434 MHz dan buzzer yang berfungsi sebagai bel dapat berbunyi dengan jarak jangkauan terjauh hingga 75 meter kondisi tidak terdapat media penghalang dan jarak 24 meter dengan media penghalang.
Modul wireless yang akan dipakai adalah TLP/RLP 434 buatan Laipac. Modul ini tidak dapat diuji dengan cara memberikan logika 1 atau 0 saja, tetapi harus diberikan pulsa. Sumber pulsa bermacam –macam antara lain  Function generator, Timer, dll.

Modul ini di perlukan untuk mengontrol peneriman dan pengiriman data. Pada rangkaian  transmitter  ini terdiri dari mikrokontroler, dan modul dari  transmitter itu sendiri, serta sensor passive infrared.Mikrokontroler di sini difungsikan untuk mengatur secara otomatis data yang diterima sensor dan data yang akan dikirimkan. Sedangkan sensor berfungsi untuk mendeteksi adanya suatu pergerakan manusia di area sensor. Pada rangkaian  receiver terdapat mikrokontroler, modul receiver dan buzzer.Mikrokontroler disini berfungsi untuk mengontrol penerimaan data yang dikirimkan oleh transmitter dan mengontrol output suara yang berupa buzzer.
1.Pembuatan alat beli listrik wireless otomatis menggunakan sensor passive infrared berbasis mikrokontroler ATMega8 telah sesuai pada perancangan sistem.Terdapat seperangkat transmitterdan receiver yang terdiri dari beberapa komponen,yaitu:
a. Seperangkat  transmitter yang terdiri dari catu daya 5VDC, sensor passive infrared, rangkaian mikrokontroler, dan modul transmitter TLP434.
b. Seperangkat  receiver yang terdiri dari catu daya 5VDC, rangkaian mikrokontroler, modul  receiver RLP434, dan buzzer.
2. Sistem bel listrik  wireless otomatismenggunakan sensor  passive infrared berbasis mikrokontroler ATMega8 telah menunjukkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, yaitu :
a. Transmitter secara otomatis mengirim data ke receiver apabila sensor passive infrared mendeteksi   adanya manusia di area sensor sehingga mendapatkan tegangan.
b. Buzzer akan otomatis berbunyi apabila receiver menerima data dari transmitter, yang berasal dari sensor passive infrared sebagai pendeteksi keberadaan manusia.
c. Jangkauan deteksi terjauh pada sensor  passive infrared adalah 5,23 meter dengan rata-rata respon waktu 0,68 s.
d. Pada pengujian transmitter dan receiver jangkauan deteksi hingga 75meter tanpa media penghalang dan 24 meter dengan media penghalang.

0 komentar:

Poskan Komentar

wewen06. Diberdayakan oleh Blogger.