Pages

Banner 468 x 60px

 

Rabu, 10 Oktober 2012

Pengertian & Aplikasi pada mail server

2 komentar

·         Pengertian dari Mail Server
Mail Server yaitu sebuah server yang digunakan untuk menyimpan dan mengirim sebuah email. bisa diibaratkan mail server itu seperti sebuah kantor pos. Mail Server dapat diartikan juga sebagai perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email yang saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui jaringan LAN/WAN yang memberikan tulang punggung (backbone) komunikasi antara client dengan server. Untuk mengirim sebuah email dari alamat email yang satu ke alamat email yang lain digunakan sebauh protocol (aturan) yaitu Simple Mail Transfer Protocol SMTP. Protocol SMTP telah menjadi aturan dasar yang disepakati untuk pengiriman email. Dengan demikian semua software email server pasti mendukung protokol ini. SMTP merupakan protokol yang digunakan untuk megirim email (komunikasi antar mail server), dan tidak digunakan untuk berkomunikasi dengan client. Sedangkan untuk client, digunakan protokol imap imaps pop3 pop3s.



Aplikasi Mail Server

Email merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan internet, berikut aplikasi email server yang bisa dipergunakan untuk mail server. - MailEnable


  • IceWarp

Icewarp memberikan sebuah solusi integrasi yang sangat tinggi termasuk Mail Server dengan proteksi Anti-Spam dan Anti-Virus rangkap dan tersedia tambahan pada opsi termasuk Icewarp GroupWare Server, Instant Messaging Server, Text Messaging Server, sebuah permukaan WebClient terpadu, lengkap dengan sinkronisasi peralatan mobile dan banyak lagi.

Komunikasi

Icewarp melampui semua area komunikasi bisnis penting melalui sebuah platform yang single, terintergrasi tinggi, aman dan sesuai standar.

Kolaborasi

Penggunda dapat membuat, mengatur dan berbagi semua personal data, termasuk Contacts, Calendars, Files, Tasks dan lainnya; plus, mereka dapat menjadwalkan meeting dan sumber daya perusahaan dengan mudah.

Sekuriti

Proteksi multi lapis termasuk 20+ teknologi server-side yang sudah terbukti, proteksi real-time Commtouch RPD dan ativirus.

Mobilitas
Data sinkronisasi email dan PIM data secara wireless ke peralatan mobile Anda melalui Active Sync atau SyncML. Menghapus data yang sensitif dari peralatan yang hilang atau tercuri dengan RemoteWipe.


  • CMailServer 
CMailServer, a small and easy-to-use mail server software and web mail server software, will help you build your own mail server over Internet. It enables you to send and receive emails across the Internet or within the LAN and has support for client email applications such as Outlook, Eudora etc. Also supports Hotmail-like web mail service. The web mail function is based on ASP scripts. So you can customize your web mail interface freely. It also supports multiple domain names and SMTP authentication.

Mail Server CMailServer is great for small to medium sized companies that need a mail server. The low cost, easy to use nature and convenient configuration make it a competitive and effective ways to set up mail server for business. Also some ISP providers can use CMailServer as a mutiple domain name mail server and provide email services for your customers.

CMailServer Main Features



  1. Support for popular client software Outlook Express and Eudora etc.
  2. Supports sending and receiving email via web browser. Fully supports web mail hotmail-like.
  3. Supports sending and receiving email via Internet.
  4. Allows user to register mailbox, change password, and modify user info via web browser.
  5. Allows administrator to create, delete, and disable user's mailbox and set mailbox size.
  6. Supports administrator sending email to multiple users at a time.
  7. Can generate user mailbox info report in HTML, INI, Excel and txt format.
  8. Can be run as NT service.
  9. Provides ESMTP authentication.
  10. Supports multiple domain names.
  11. Can backup all the emails sent by mail server.
  12. Provides detailed log file. Can analyze mail server users' visiting record.
  13. Supports mail group.
  14. Supports mail proxy.
  15. Supports Win2000, WinXP, Win2003.

System Requirements
  1. Hardware: CPU P166+, Hard disk 1G+, RAM 128M+.
  2. OS system platform: Win2000/WinXP/Win2003. If you want to use web mail, IIS service is required.
  3. If installed firewall, please open port 25 and 110. CMailServer will use these two ports to transfer mails.
  • Mail Server Zimbra
Pada dasarnya aplikasi mail server zimbra di bangun oleh komunitas yang peduli akan kebutuhan mail server yang stabil, dimana menjadi alternatif dan mungkin lebih baik dari aplikasi sekelas Microsoft Exchange Server. Yang pasti aktifitas pengembangan dan support terus di lakukan oleh komunitas zimbra.

Aplikasi mail server Zimbra saat ini tersedia dalam 2 versi yaitu Open Source Edition dan Network Edition, dimana hanya berbeda dalam pilihan backup data nya. Versi Open Source menggunakan lisensi Mozilla Public License yang salah satu butir lisensinya menyatakan bahwa perubahan atau modifikasi yang dilakukan pada kode sumber Zimbra harus dikembalikan pada komunitas.

Secara umum fitur  yang dimiliki oleh Mail Server Zimbra :


  1. Berbasis Open Source (Tidak ada biaya Lisensi Software, siapapun dapat menggunakan)
  2. Beroperasi menggunakan Operating System Linux
  3. AntiVirus dan AntiSpam Handal dan include secara satu kesatuan dalam mail server
  4. Kapasitas User account dan Mailbox tidak terbatas
  5. Pengaturan dan pemeliharaan sangat mudah dengan Web Administration console
  6. Memiliki kemampuan Multi Domain
  7. Memiliki pembatasan Quota MailBox per User
  8. Dapat di gabungkan dengan Fitur Spooling Mail

  9. Info lebih lanjut klik disini

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai mail server, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5459/1/JOURNAL.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Balas

Anonim mengatakan...

Nice Post...

Posting Komentar

wewen06. Diberdayakan oleh Blogger.